Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Bekerja Dengan Oposan...

Dapatkah anda bekerja dengan orang yang tidak anda sukai? Atau bekerja dengan orang bertindak sebagai oposisi dan selalu mengeritik kinerja anda? Bagi kebanyakan orang, hal ini sangat sulit dan tidak mungkin untuk di lakukan karena itu hanya akan menjadi penghalang kreativitas dan produktivitas. Bekerja dengan gaya oposit seperti ini bisa menjadikan orang lebih bersemangat dalam bekerja atau malah bisa bikin stress dan frustasi.

Tapi bagi sebagian orang, bekerja dengan orang-orang yang bersifat oposit, merupakan sebuah tantangan untuk menguji kesabaran dan keperibadian bahwa sebenarnya tidak ada orang yang sempurna. Disamping itu anda juga bisa belajar mengetahui bagaimana melihat hal dari sudut yang berbeda. Beberapa kemungkinan dan keuntungan bekerja dengan orang yang berkarakter seperti ini antara lain dapat meningkatkan produktivitas.

Berikut adalah kutipan dari beberapa sumber untuk dapat membantu mendapatkan hubungan bisnis yang baik dan tetap memberikan keuntungan bagi perusahaan dan juga pada diri anda sendiri:

1. Tulis deskripsi tentang tugas anda. Hal ini akan memudahkan anda untuk berkosentrasi dengan apa yang menjadi kewajiban anda dan melakukannya dengan baik.

2. Respek terhadap atasan anda. Kadang bertanya mengapa saya harus melakukan ini akan menbuat atasan anda sedikit bertanya, ada apa dengan orang ini. Tanya atasan anda, apa yang bisa saya bantu? mpai anda mengerti mengapa anda harus melakukan itu.

3. Bekerja sesuai kemampuan anda. Kalo anda ingin membantu atasan anda dengan proyek tertentu, sebaiknya melakukan bidang yang anda kuasai. Melakukan sesuatu yang kurang anda kuasai, kinerja anda jadi tidak optimal

4. Bersikap flexible. Jangan ngotot atau suka berdebat. Orang yang mempunyai sikap ini biasanya tidak mempunyai banyak teman, Orang tipe ini boleh di bilang egois. Berikan pengakuan dan pujian kepada orang yang telah melakukan tugas dengan baik atau berbuat baik.

5. Menawarkan bantuan. Ini hal yang sangat dan perlu dilakukan. Anda tidak akan pernah di bantu orang apabila sedang dalam kesulitan. Kerja sama datang dari anda sendiri dan ini akan menciptakan hubungan yang lebih baik karena mereka mengetahui anda.

6. Konsisten dan fokus terhadap pekerjaan anda. Biarkan mereka melihat bahwa anda fokus dan serius pada pekerjaan anda. Konsultasi dengan atasan anda, minta tanggapan tentang kinerja anda dan hubungan dengan orang-orang di sekeliling anda.

Dari beberapa metoda di atas, mungkin ada yang bisa anda gunakan untuk menghadapi situasi seperti ini. Jika poin di atas tidak berguna bagi anda, mungkin sebaiknya pindah ke deprtemen lian atau cari pekerjaan baru.


5 comments:

  1. Dalam dunia kerja bila kita berada di dalamnya rasanya seperti memasuki rimba belantara. Meski kelihatannya tak lebat tapi kompeksitasnya sangat tinggi. Apalagi kalau posisi kita masih staf/ karyawan mungkin sikap lapang dada harus banyak2 diterapkan. Itu akan mebuat kita belajar makin dewasa dalam bersikap terhadap berbagai karakter yg berbeda. Posting yg bagus mas, salam kenal aja.....

    ReplyDelete
  2. Mas8sur; terima kasih udah sudi mampir,.komen yang mendukung,..salam kenal kembali mas

    ReplyDelete
  3. wah bermanfaat banget nie mas bagi para karyawan kek saya. trims mas tips nya. tak tambahin ya : belajar pekerjaan (hal-hal) baru,, masuk kategori engga ya?

    hah? adobe portabel? kualitasnya kek versi aseli engga mas
    sek sek numpang download *sedoooooottt

    oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan 'manjakan mata...'. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

    ReplyDelete
  4. Gadget dan teknologi,..wah makasih dan nambahin,..emang bener tuh belejar dengan hal2 baru,..

    salam kembali

    ReplyDelete
  5. Biasanya orang yang opossan akan luluh kalau kita bisa melakukan pendekatan personal, entah diajak makan, atau dikenalin cewek mungkin? hehehe ..

    Kalau yang kita nggak suka memang agak susah, memang ada orang yang bersinergi dan ada yang destruktif, tapi selama harus dalam posisi bekerja sama, lebih baik dibuat seneng deh, ajak aja jalan diluar jam kerja, dia sukanya apa, sekali2 senengin teman ya nggak apa2 toh? tapi yang paling sering kita sulit menghadapi rasa ego kita, memulai berbaikan...

    Btw ok bro, mari kita link exchange, add aja kode nya, kalau sudah info ya, segera di link back.

    @ BJ Koch

    ReplyDelete