Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Apakah Motivasi Karyawan Selalu Dengan Uang?

Adakah cara lain yang bisa memberikan motivasi kepada pegawai atau karyawan untuk tetap bekerja secara konsisten selain dengan uang [naik gaji]? Kalau soal memberikan kenaikan gaji, mungkin bisa saya di lakukan, tapi bagi kebanyakan perusahaan dan pemiliknya menginginkan pengeluaran ditekan seminimal mungkin. Bahkan ada pemilik perusahan yang kalo bisa nggak mo keluar modal? Pengusaha serakah namanya. Memang, prinsip ekonomi, kita dianjurkan untuk mengeluarkan biaya sekecil-kecilnya dan mendapatkan sebesar-besarnya. Tapi kalau kemudian tidak memperhatikan kesejahteraan karyawan, akibatnya bisa fatal.

Bukankah karyawan yang bermasalah dengan kesejahteraan [sitem penggajian] akan mempengaruhi kinerja mereka. Tentu saja iya. Kalau sudah demikian, akan juga memperngaruhi hasil kerja, dalam hal ini produk yang nantinya akan sampai ke tangan pelanggan. Apa jadinya kalau pelanggan kemudian mendapatkan kualiti produk menurun? Bagus kalau pelanggan tersebut datang dan memberikan complain atau feedback terhadap poroduk kita, kemungkinan masih ada waktu untuk memperbaikinya kembali, kalau pelanggan tersebut diam-diam beralih ke pruduk lain?

Bagi anda yang berada di pososi ini, bagi yang belum menyadari akan dampak dari tidak mensejahterakan karyawan, ada baiknya untuk mendiskusikan hal tersebut agar kinerja perusahan mencapai hasil yang diinginkan. Misalnya menawarkan sebuah sistem dimana selain gaji pokok, juga menggunakan sistem bagi hasil atau presentase. Sistem ini akan sangat efektif bukan hanya untuk karyawan tapi juga untuk perusahaan itu sendiri. Dengan mengunakan sistem bagi hasil ini, karyawan mempunyai tanggung jawab lebih karena merekapun berkepentingan untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan bulannya.

Ada juga cara lain untuk memotivasi karyawan yaitu dengan cara melakukan pendekatan-pendekatan secara kekeluargaan dimana karyawan diperlakukan layaknya seperti keluarga sendiri. Karyawan akan sangat merasa dihargai dan diakui terhadap hasil kinerja merwka. Boleh juga sekeli-sekali diberi penghargaan dengan uang apabila meraka mencapai atau telah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Menerapkan sitem manajemen terbuka akan memberikan lebih banyak keuntungan kedua belah pihak. Di beberapa tempat, bahkan ada karyawan yang dapat bekerja bertahun hanya
karena pedekatan semacam itu.

Uang memang bukan segalanya tapi semuanya perlu uang. Apalagi jaman sakarang, bentar-bentar uang, bentar-bentar uang. Tapi kalo ada cara lain untuk memotivasi karyawan, tidak ada salahnya, terutama bagi perusahaan yang sedang mengalami kesulitan keuangan...


1 comment:

  1. saya sudah bekerja 12 tahun di perusahaan yang sama.
    motivasi orang mencari kerja tentunya uang. tapi ada juga yang mempunyai motivasi untuk mencari kepuasan.

    ReplyDelete