Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Mendaur Ulang Topik Lama Menjadi Artikel Baru Yang Menarik

Judul mendaur ulang topik lama menjadi artikel baru seolah seperti pembahasan tentang kertas atau plastik kresek. Padahal saya sedang membahas tentang penulisan artikel yang menggunakan topik lama menjadi artikel baru yang menarik. Sebelum saya lanjutkan, saya ingin bertanya pada anda, apakah anda pernah mempunyai pengalaman dimana anda merasa tidak percaya diri untuk menulis sebuah artikel? Atau mungkin anda pernah mempunyai perasaan bahwa topik yang akan anda tulis sudah banyak yang membahas di internet? Kalau ya, anda perlu membuang perasaan itu jauh-jauh. Mengapa saya katakan demikian? Inilah beberapa alasan yang ingin saya sampaikan pada anda.

Yang pertama. Anda tidak akan pernah memulai untuk menulis sebuah artikel untuk melaukan update terhadap blog anda karena anda pikir ide yang sebenarnya sudah ada di pikiran anda terkubur jauh lebih dalam lagi karena anda pikir bahwa topik yang akan anda tulis sudah ketinggalan jaman [sudah basi]. Cukup sulit untuk mendapatkan kembali ide menulis artikel baru.

Yang kedua. Pikirkan bahwa setiap hari selalu ada pengunjung baru membaca artikel anda. Artikel dengan topik yang sama akan tetap menarik untuk dibaca karena setiap orang mempunyai gaya berbeda dalam menyampaikan hal topik yang sama. Itulah yang membuat blog tetap menarik untuk dibaca asalkan artikel anda bukan hasil kopas(copy and paste) yang tidak ada untungnya sama sekali bagi kesehatan blog anda.

Yang ketiga. Kalau anda sedang bermain SEO [Search Engine Optimization], search engine tidak mendihiraukan apakah artikel yang anda tulis merupakan artikel yang bertopik lama ataupun baru. Selama artikel yang anda memperhatikan keaslian artikel, search engine akan merasa senang. Dan kelihatannya search engine atau mesin pencari menyukai barang baru.

Yang keempat. Buatlah update terbaru dari setiap artikel yang anda tulis. Walaupun topik lama kalau ada penyesuasian dan perbaikan, akan menambah nilai artikel tersebut. Sama halnya ketika anda membeli mobil bekas. Nilai jual kembali akan lebih tinggi dengan melakukan perbaikan sana sini seperti tune up, mengganti spare part, ganti oli dan mengganti warna cat.

Jadi saran saya, anda tidak perlu kawatir dengan topik lama untuk kemudian ditulis ke dalam artikel blog anda. Sepupu saya bahkan belum tahu bagaimana membuat blog. Perlu anda ingat juga bahwa semua pengunjung yang datang ke blog anda bukan semuanya blogger. Mereka adalah internet surfer yang dalam kesehariannya menggunakan layanan internet. Kalau anda menulis tentang tutorial bagaimana membuat blog, mereka bisa saja tertarik dan menggunakan artikel anda sebagai panduan.

Ya udah hayo nulis lagi...


1 comment:

  1. Bener tuh kang, terkadang kalo lagi kehabisan ide, topik lama yang didaur ulang juga bisa membantu. Wis turu?

    ReplyDelete