Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Update Konten Secara Rutin - Cara Efektif Melakukan Promosi Blog

Promosi, promosi, promosi. Ya, tidak ada jalan lain yang harus dilakukan jika anda menginginkan blog anda dikenal banyak orang. Kecuali jika anda seorang bintang Hollywood, tokoh masyarakat atau orang penting. Eh, Nggak ding! Anda masih tetap harus melakukan promosi, hanya mungkin tidak terlalu sulit.

Ok, selanjutnya inilah kriteria blog [kalau tidak salah] yang dikehendaki reader - berkualitas, unik, menarik, informatif, komunikatif, menarik, sexy, cool, tidak membosankan, bermanfaat, fresh dan original yang terkandung dalam konten. Dengan kata lain, jika blog anda memilki konten seperti yang saya sebutkan di atas, maka anda blog anda berada di atas awan.

Benarkah Konten is the KING?

Yuk kita lihat faktanya. Beri beberapa alasan mengapa orang lain mengunjungi blog anda. Apakah karena blog anda unik, menarik, bermanfaat? Atau kunjungan tersebut hanya saling mengenal satu sama lain? [ya, gak apa-apa itung-itung silaturahmi]. Atau pas kebetulan lewat melalui search engine? Hm..whatever! Pertanyaan selanjutnya mengapa mereka kembali dan kembali lagi? Apakah karena mereka menemukan informasi yang bermanfaat di dalam konten blog anda.

Saya ambil sebuah contoh. Jika hari ini anda menulis tentang menciptakan uang online atau menulis SEO dan didapati artikel anda bermanfaat bagi orang lain, maka tidak heran kalau orang tersebut akan kembali lagi mengunjungi blog anda. Tetapi jika besok anda membahas tentang kucing tetangga yang hilang, pengunjung anda jadi bingung. Besoknya nggak tahu apalagi yang mau di tulis. Saya kira, mereka akan cepat melupakan balog anda.

Contoh tadi di atas sama persis seperti yang saya lakukan dede online weblog yang merupakan personal blog. Topiknya campur aduk seperti gado-gado Betawi. Makanya, tidak pernah mencapai sasaran yang tepat alias mencla mencle hehe.

Apakah perlu melakukan UPDATE setiap hari?

Jika anda punya waktu banyak, sebaiknya melakukan postingan baru setiap hari secara rutin. Bagaimana jika anda punya waktu terbatas? Apakah boleh melakukan update bila sempat? Blogging tidak mempunyai batasan. Mau posting sepuluh kali sehari, mau posting 10 hari sekali, monggo! Tapi ya itu tadi, usaha promosi blog nya kurang efektif. Jika anda pernah mengunjugi blog orang lain yang tidak pernah di update secara rutin, bukankah pemilik blog terkesan tidak serius?

Melakukan posting tidak selalu melalui blog anda. Anda bisa melakukan postingan baru di blog orang lain. Caranya, anda menulis komentar tentang apa yang orang ditulis, dan berikan kontribusi terhadap artikel tersebut. Sertakan link blog anda. Tulis komentar yang sekiranya dapat mengangkat kredibilitas blog anda. Jika anda menulis komentar seperti hi, nice blog, great artikel - udah mendingan nggak usah, banyak orang akan menganggapnya spam. Melakukan promosi blog perlu dilakukan agar blog anda dikenali secara online, baik dikenali orang maupun search engine terutama bagi anda yang ingin menciptakan uang online melalui blog.

Jika anda berminat, baca juga Mengatur Waktu Nge-blog Agar Lebih Mudah dan Terarah

2 comments:

  1. berguna sekali infonya mas makasih salam kenal aja...

    ReplyDelete
  2. Hi there, I set up your blog via Google while searching in retribution for gold medal shelved since a callousness spell and your despatch looks absolutely captivating on me

    ReplyDelete