Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

3 Tips Menjalankan Blog di Waktu Luang

Artikel ini khusus bagi anda yang ingin menjalakan blog di waktu luang. Ngeblog di waktu luang biasanya dilakukan sebelum atau setelah pulang kerja. Jika anda sebagai seorang ibu rumah tangga, ngeblog waktu luang biasanya dilakukan setelah pekerjaan utama selesai.

Kendala yang sering terjadi ketika anda menjalankan blog dengan menggunakan waktu luang yaitu tentang pengaturan waktu. Baik mengatur waktu untuk menulis, posting, optimasi blog, sosialisi, dan melakukan pemasaran.

Agar menjalankan blog waktu luang anda berjalan dengan baik, dan tidak menggangu pekerjaan utama, maka beberpa tips di bawah ini, mudah-mudahan, dapat membantu anda mengatasi kendala yang saya sebutkan di atas.

1. Fukos terhadap topik. Menjalankan blog dengan fokus terhadap topik merupakan pekerjaan yang terkadang, bagi kebanyakan orang, sulit untuk dilakukan. Untuk itu, anda perlu memiliki sebuah komitmen terhadap tujuan blogging dan motivasi anda menjalankan blog waktu luang, apakah untuk sekedar mengisi waktu, atau untuk mencari pendapatan tambahan?

2. Menulis postingan di akhir pekan. Melakukan update, menulis postingan baru merupakan bagian dari peoses menjalankan sebuah blog. Jika anda menjalankan blog waktu luang, cara yang terbaik adalah melakukannya di akhir pekan. Misalnya anda menulis beberapa postingan untuk seminggu ke depan. Hal ini cukup efektif dari pada menulisnya setiap hari.

3. Buat daftar rencana kerja. Dengan menggunakan list, kerja anda akan lebih terarah dan dapat membantu anda menyelesaikannya sesuai target. Dengan membuat list, action plan atau rencana kerja akan lebih mudah untuk dikerjakan dan mendorong anda untuk bertindak. Pentingnya daftar atau list bisa anda lihat ketika anda pergi berbelanja. Coba anda bayangkan, jika anda pergi ke supermarket atau pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang banyak jumlahnya tetapi tanpa list di tangan anda, maka anda akan mengalami kesulitan dan bisa memakan waktu belanja.

Menjalankan blog waktu luang bagi saya merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Apalagi kalau apa yang saya lakukan ada manfaatnya bagi orang lain. Baik manfaat secara langsung atau manfaat tidak langsung.

2 comments:

  1. wakh bener juga kang, kita harus mengisi waktu luang, tapi kalo aku mah....banyak banget waktu luangnya...heheheheh, maklum nganggur sih kang

    ReplyDelete
  2. bener juga ya. susah klo bnyak krjaan offline.. yah kalau saya mah dbawa nyantai aja kang :) yg penting hepi hehe

    ReplyDelete