Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Mengatur Waktu Nge-blog Agar Lebih Mudah dan Terarah

Waluapun kelihatanya sepele, blog timing atau pengaturan jadwal waktu nge-blog perlu juga di perhitungkan. Ini sangat membantu anda untuk tetap bisa ngeblog walaupun dengan waktu yang terbatas. Dengan adanya pembagian waktu dalam blogging akan memudahkan anda focus dengan jadwal tersebut. Misalnya dalam sehari anda menghabiskan waktu selama 3 jam, maka untuk 1 jam pertama anda bisa focus dengan mengumpulkan ide dan menulis artikel untuk kemudian anda tuangkan dalam postingan blog anda. Mengurus satu blog saja lebih sulit dari pada menggembalakan 500 bebek brebes “kata seorang pengusaha bebek di Tegal

Kadang kita merasa bingung gimana untuk mengurus sebuah blog, bahkan ketika kita mempunyai banyak waktu untuk blogging. Kalo tidak disiplin tentang blog timing, bisa bikin kepala pusing dan tak tentu arah. Di bawah ini adalah merupakan beberapa hal yang perlu dilakukan berkaitan dengan blog management agar blog tetap terurus selalu update:

1. Buat jadwal waktu menulis artikel
Seperti yang telah saya sebutkan diatas akan pentingnya membuat jadwal menulis artikel untuk postingan. Karena menulis cukup memakan waktu dan tulisan adalah tulang punggung dari blog, maka alangkah baiknya kalo anda gunakan waktu unuk menulis, sedikitnya 50% dari jumlah waktu yang anda gunakan.

2. Publikasikan sesegara mungkin setelah selasai menulis.
Selain menghemat waktu, anda juga akan mendapatkan keuntungan lain dengan memperoleh optimasi dari Search Engine dimana postingan anda akan di index lebih cepat ketimbang anda menunggu saat yang tepat untuk menyempurnakan postingan anda. Kata orang kaya yang bijak, mereka memulai menjalankan bisnis, tidak harus dilakukan ketika modal usaha sudah cukup, melainkan memulai segera mungkin setalah mendapatkan ide. Kesempurnaan, bisa di peroleh sambil jalan.

3. Sering melakukan blogwalking
Untuk mendapatkan lebih banyak trafik, menulis artikel saja tidak lah cukup. Anda perlu melakukan beberapa hal seperti blogwalking yang juga perlu di jadwalkan waktunya. Kecuali kalo anda seorang ahli SEO yang notabene tidak perlu melakukan blogwalking dan hanya mengandalkan dari SEO untuk mendapatkan trafik, itu lebih baik. Jadi kelebihan waktu tersebut bisa anda digunakan untuk hal lain yang masih berhubungan dengan nge-blog.

4. Lakukan beberapa update web page or lay out
Bagaimana anda menilai sebuah blog? apakah dari konten atau dari penampilan, dalam hal ini design. Bagi saya keduanya penting, artinya bahwa sebaiknya blog harus baik luar dalam. Seperti halnya manusia, cantik luarnya saja tidak cukup, harus ada keseimbangan cantik luar dalam. Biasanya kalo pengunjung akan lebih gemar untuk membaca blog yang kontennya bagus dan designnya keren, kemungkinan besar, mereka akan balik berkunjung.

5. Anda perlu melakukan promosi blog
Banyak cara untuk mempromosikan blog. Ada yang bayar dan ada yang gratis! Ngasih komen, adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk bisa di kenal orang lain, dan secara tidak langsung, anda sedang berpromosi di blog orang lain. Nah, kalo ada yang nagsih komen, sebaiknya anda segera membalas komen orang tersebut. Menulis komen cukup memakan waktu dan pemikiran, asal komen tersebut bukan merupakan sebuah spams. Dengan demikian, si komentator akan merasa di-reponse dan anda tidak akan percaya kalo mereka akan memberikan komen-komen berikutnya

Untuk saat ini itu saja dulu yang bisa saya tulis, mudah-mudahan ada manfaatnya.


5 comments:

  1. bener apa katamu de... aku masih berantakan soal mengatur waktu, ini berkaitan dengan konsistensi kita dalam mengelola blog kita sendiri. Kadang hari ini full ngeblog, besok ngoblonk... he... musti ditata ulang jadwalnya.

    ReplyDelete
  2. Iya, untuk tulis-menulis memang perlu jadwal. Sehingga bisa menulis secara rutin, teratur, dan siap dengan "bank" tulisan. Bila perlu sesuai dengan topik yang uptodate di masyarakat.
    Bukan begitu, Bro...?

    ReplyDelete
  3. salam kenal kang...
    http://bandungthegeat.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Tipnya mantab kang.... akur dah....
    Ngemeng2 bukak lapak baru koq ndak selamatan...??

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, menulis itu memang perlu disiplin, soal waktunya terutama, harus dijadwalkan dan dijadikan kebiasaan. Saya masih turun naik niy. Wah, harus semangat!

    Thanks buat artikelnya (^__^)

    ReplyDelete