Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Belanja Cermat - Menghemat Uang

Mana ada belanja menghemat uang? Judul diatas hanya judul2an. Baiklah saya lanjut. Yang namanya manusia kadang nggak pernah merasa puas. Sudah punya ini pingin itu, suduh punya itu pingin ini. Kalau tidak pandai mngatur uang, bisa kebobolan. Sebagai contoh kecil saja, ketika melihat ada pameran Blackberry curve, bold and storm smart phone di Suntec City, banyak barang-barang electronic seperti TV Panasonic Viera, segala jenis computer dan laptop serta barang electronic lainya. Kelihatanya bukan saja di Sim Lim Tower atau Mustafa Center yang merupakan tempat tujuan wisatawan India, tapi juga di pusat penjualan electronic seperti Harvey Norman sebagai pusat penjualan electronic di Singapura. Beberapa penawaran murah ini mungkin ada kaitanya dengan Singapore Grand Sale yang di adakan setiap pertengahan bulan Juni dan Juli yang di fokuskan di kawasan pusat perbelanjaan Orchard Road.

Untuk menghindari semua “”Keinginan” bersifat manuasia ini, dari beberapa sumber yang pernah saya baca, kita harus mengontrolnya dengan melakukan beberapa tips di bawah ini:

Membuat list apa barang apa yang ingin di beli.
Buatlah list atau daftar barang yang ingin anda beli misalnya anda ingin membeli handphone nokia E71, blackbarrry curve smart phone, mengganti batery laptop, membeli sofa baru, dan lain sebagainya.

Membuat list apa barang yang telah anda punya.
Anda perlu kembali membuat daftar barang yang anda punya saat ini, misalnya handphone merek lama, furniture, dan barang yang lain.

Membuat prioritas barang yang akan anda beli.
Ini sangat penting untuk bisa memilah-milah dan mempertimbangkan masak-masak terhadap barang yang kira2 urgent. Kemudian bandingkan terhadap barang yang anda punya saat ini. Kalau misalnya anda ingin mempunyai handphone nokia E71 yang baru, apakah kira-kira perlu untuk membeli yang baru, apakah yang lama sudah tidak bisa digunakan? Kalau memang masih bisa dan tidak terlalu penting, anda bisa membuat pembelian handphone baru tersebut menjadi prioritas selanjutnya. Begitu caranya anda membuat prioritas.

Setelah anda melakukan klasifikasi terhadap prioritas tadi, Sesuaikan dengan budget keuangan anda. Tetap berpegang teguh dengan prioritas no1 dulu. Dengan demikian, anda telah melalukan antisipasi terhadap pengluaran keuangan yang tidak penting. Apalagi di jaman serba sulit seperti sekarang ini, mengatur arus uang sangatlah penting.


2 comments:

  1. Bagus ya artikelnya, bisa jadi inspirasi saya neh ...

    ReplyDelete
  2. betuuuul kang dede..kalo ngga cermat bisa kebobolan budget bulan ini, akhirnya ngga bisa jajan deh hehehehe...
    memang kalo udah masuk ke gadget rasanya gatel maunya beli, beli and beli..tapi apa daya tentu kalau ngga mengerem diri sendiri bisa kelaut jatah sebulan..
    nice tips..

    ReplyDelete