Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Keuntungan Meninggalkan Komentar di Blog Orang Lain Bag 2

Kembali saya melanjutkan tulisan tentang beberapa keuntungan meninggalkan komentar di blog orang lain yang saya tulis sebelum postingan ini. Meninggalkan komentar di blog orang lain banyak keuntungannya ketimbang kerugiannya. Agak sulit memang untuk memulai menulis beberapa komentar di blog orang lain, apalagi kalo belum tahu apa yang bakal didapat dari sebuah komentar. Apalagi kalau harus membaca artikel blog yang panjang [menulis artikel pendek sangat dianjurkan untuk mendapatkan lebih banyak komentar].

Artikel pendek yaitu artikel yang menggunakan kata antara 200 sampai 300. Dan bisa dibaca dalam waktu kurang dari 3 menit. Nah, kalau orang lain harus membaca lebih lama dari itu plus harus menulis komentar, apakah pada mau? Kecuali kalau artikel anda merupakan artikel yang luar biasa pentingnya atau artikel yang bersifat kontroversial atau artikel yang sensasional.

Satu hal lagi menurut saya tentang keuntungan memberikan komentar di blog orang lain yaitu:

Anda akan mendapatkan lebih banyak ide untuk menulis artikel

Memberikan komentar atau tanggapan di blog orang lain bisa melahirkan ide bahan postingan . Misalnya ketika anda menyikapi sebuah artikel dan anda rasa tidak sependapat dengan artikel tersebut, anda bisa menulisnya di blog anda. Jelaskan kepada reader tentang pendapat dan alasan mengapa anda berbada opini. Jangan lupa untuk memberikan solusi menurut anda.

Dari tadi saya membahas tentang komentar, komentar, komentar. Sebaiknya bagaimana menulis komentar baik dan dianjurkan?

Yang pertama - komentar harus relevan dengan artikel yang di tulis. Karena itu anda perlu membaca dan mengerti maksud dan tujuan artikel tersebut. Maksudnya jangan berkomentar di luar jalur. Contohnya kalau si penulis membahas tentang tips bagaimana menulis komentar yang baik, komentar anda harus nyambung dengan tema tersebut.

Yang kedua - ditulis bebas. Tidak harus selalu mengiyakan maksud si penulis. Kalau anda tidak setuju dengan poin yang ditulis, anda bisa saja menyangkalnya dan berikan opini anda.

Yang ketiga - komentar anda bisa bersifat kontroversial. Cara ini biasanya memancing banyak perhatian reader yang lain yang kebetulan berkunjung ke blog tersebut. Ini merupakan kesempatan baik karena anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Kira-kira begitulah apa pengertian saya tentang pentingnya meninggalkan komentar di blog orang lain. Dan kalau berbicara soal investasi untuk mendapatkan lebih banyak trafik, mungkin berkomnetar adalah salah satunya. Dalam artian trafik yang didapat dalam jangka panjang karena link anda yang ditautkan tadi. Apalagi kalau isi dari komentar itu sendiri berbobot, orang lain cenderung [penasaran kali yee] ingin mengetahui siapa anda. Bukankan itu merupakan sebuah usaha mempromosikan blog anda?

5 comments:

  1. Ya bener arus banyak berkomen. Tapi jangan pendek kaya komen saya ini...hehee

    ReplyDelete
  2. Making money online is not easy but there are 4 major things involved you should know to ensure success. In this article I will be covering 1 of 4 necessary components with the other 3 to be covered in separate articles

    ReplyDelete
  3. Kadang kita mudah untuk mengatakan sesuatu namun begitu melaksanakan wow begitu susah nya... tapi saya terus berusaha untuk selalu mengikuti petunjuk yang sudah bongkotan ngeblog...
    oya ampe lupa saya penghuni baru di dunia blogger...jadi saya masih harus banyak mengasah otak dan mental biar ga gampang bosan...
    tx atas artikelnya saya tetap coba untuk selalu berkunjung dan menulis disetiap komen.

    sekali lagi makasih

    ReplyDelete