Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Cara Bijaksana Mengatur Keuangan Pribadi

Menciptakan uang [bekerja untuk orang lain atau menjadi pengusaha yang menghasilkan uang] tidak semudah membelanjakan.

Bagi kita yang kurang bijaksana dalam mengatur keuangan pribadi, hasil kerja yang berupa gaji bisa habis dalam beberapa hari. Setelah habis bingung deh. Maka nya mengatur keuangan secara bijaksana itu perlu.

Besar kecil uang yang diperoleh berupa gaji, pendapatan atau laba perusahaan tidak menjadi ukuran dalam suksesnya mengatur keuangan. Yang berpendapatan kecil tetap masih bisa menyisihkan uang setiap bulan untuk ditabungkan. Yang berpenghasilan besar juga tidak membelanjakan secara berlebihan sehingga uang yang disisihkan semakin banyak untuk mengembangkan usahanya.

Biasanya, kegagalan mengelola keuangan disebabkan oleh beberapa kesalahan seperti:

  • Mempunyai kebiasaan menunda pembayaran bill.
  • Menggunakan kredit card secara berlebihan [tidak ada kontrol].
  • Tidak gemar menabung dan melakukan investasi.
  • Mengunakan dana pinjaman untuk gonta-ganti mobil, barang elektronik dll.
  • Menaruh telor dalam satu keranjang [menyimpan, menabung, investasi dalam satu tempat].
  • Tidak mempunyai dana cadangan khusus bila terjadi kebutuhan mendadak.
  • Tidak mengalokasikan dana untuk asuransi.

Cara bijaksana mengatur uang berarti anda harus menghindari kebiasaan di atas.

Tidak sedikit orang yang kemudian jatuh bangkrut [sebutan cocok untuk orang kaya yang kemudian jatuh miskin] karena kesalahan mengatur keuangan mereka. Keberhasilan dalam mengatur keuangan tidak berdasarkan "Banyak atau sedikit", tetapi mampu atau tidaknya mengatur jumlah uang tesebut.

Sebuah peribahasa sunda mengatakan "Sa eutik mahi, loba nyesa" yang artinya sedikit uang cukup, banyak uang bisa menyisakan.

Mungkin anda tertarik untuk membaca Belanja Cermat - Menghemat Uang

9 comments:

Pingin Ngeblog said...

Nice tip atuh kang.... Saya sich belom bisa 100% menjalankan tips di atas... sebab gak cukup hihihi....

Dede Online said...

Pingin Ngeblog; Sama...emang saya bisa? hehee

Wisata, Pekanbaru Riau said...

hmm.... ok punya nih.... tak sedot dulu... ntar bisa di bagi2 ma ank2 kost... :D

Tokokeripik said...

thanks for sharing ^^.
salam,
http://toko-keripik.blogspot.com

Neng Ayu said...

Asslm....

Waaah artikelnya sangat bermanfaat

Nih ada hadiah dari Aku....hehehe

Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur ?
Kenapa kita menutup mata ketika kita menangis ?
Kenapa kita menutup mata ketika kita membayangkan sesuatu ?
Kenapa kita menutup mata ketika kita berciuman ?
Hal hal yang terindah di dunia ini biasanya tidak terlihat

Ada hal hal yang tidak ingin kita lepaskan
dan ada orang orang yang tidak ingin kita tinggalkan
Tapi ingatlah, melepaskan bukan berarti akhir dari dunia
melainkan awal dari kehidupan yang baru...


Indahkan...hehehe

Sob, jangan lupa kunjungan balik ya, sekalian mampir ke blog baru saya Mohon direview ya nih baru saya bikin:

http://modifikasimobilterbaru.blogspot.com


Salam Silaturahmi Antar Blogger Indonesia


Wassalm...

aditya said...

hhmmmmm makasih yah.....

Solusi Bau Mulut said...

akhirnya solusi mudah sembuh BAU MULUT diketemukan, klik http://sembuhbaumulut.blogspot.com

Agen SBOBET said...

salam sukses kak,,,

Agen SBOBET said...

salam sukses kak,,,