Get Inspired - Get Motivated - Share the Real Thought! Discover and Explore FREE STUFFS here! Unlimited...

Tip Wawancara Untuk Pencari Kerja

Interview atau wawancara (postingan ini membahas tentang interview pekerjaan atau kanaikan jabatan) adalah sebuah proses jual beli kemampuan dan keahlian terhadap apa dan berapa besar yang akan diperoleh. Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan dan sudah menghadiri beberapa interview atau wawancara tapi belum ada hasilnya, coba lakukan bebarapa hal di bawah ini sewaktu melakukan interview. Sukses sebuah interview sangat tergantung pada "Fisrt Impression". Kadang nasib baikpun bisa membawa kamu ke arah kesuksesan sebuah interview. Tapi akan lebih baik suksen interview karena kamu melakukan langkah- langkah manjur di bawah ini.

  1. Berpakain rapi dan sopan, berjalan dengan percaya diri. Merupakan point pertama kamu di nilai oleh pewawancara sebalum melanjutkan ke langkah berikutnya aka kemampuan dan kehlian kamu.
  2. Lakukan "Eye-Contact". Sewaktu duduk di depan pewawancara, arahkan pandangan mata kamu ke si pewawancara, ini menandakan bahwa kamu menyimak.
  3. Ajukan beberapa pertanyaan tentang diri pewawancara bila perlu, orang lebih suka bercerita tentang diri mereka sendiri.
  4. Selalu siap untuk menjawab pertanyaan, jawab dengan singkat dan jelas.
  5. Gunakan note pad atau catatan kecil, dengan demikian kamu nampak profesional.
  6. Perlihatkan sikap sopan dan hormat, dan selalu bersikap positif.
  7. Berikan beberapa ide relevant tentang perusahaan dan posisi yang di lamar.
  8. Akhiri interview dengan berkesan, orang akan selalu ingat hal pertama dan terakhir.
  9. Kirim surat ucapan terima kasih. Terlepas kamu mendapatkan pekerjaan atau tidak, hal ini merupakan kesempatan terakhir akan kesan baik kamu untuk mendapatkan pertimbangan di kesempatan mendatang.

Kamu hanya mempunyai satu kesempatan untuk mendapatkan kesan pertama yang
baik. Perhitungkan...



1 comment: